...

17 Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop Kamu

Optimalkan penjualan coffee shop Kamu, menggunakan 17 cara memanfaatkan Instagram untuk coffee shop yang bisa langsung dipraktekkan.

17 Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop Kamu

Pengantar Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop Kamu

Jika Kamu adalah pemilik atau manajer Coffee Shop, Kamu mungkin pernah mendengar bahwa Instagram adalah jejaring sosial terbaik untuk menjangkau pelanggan baru.

Dan hal itu benar.

Coffee shop di seluruh dunia menggunakan Instagram untuk mendorong penjualan dan lalu lintas pejalan kaki ke bisnis mereka. Namun, Kamu memerlukan satu atau dua trik untuk dapat ,mengoptimalkannya.

Hari ini, kami akan memberikan 17 tips contoh penggunaan Instagram yang sangat sukses untuk menarik pelanggan Coffee Shop.

Kamu dapat menggunakannya untuk mengembangkan bisnis coffee shop Kamu dengan segera, atau biarkan mereka menginspirasi strategi marketing Kamu.

Pengantar Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop Kamu

Mari salami satu per satu!

Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop Kamu

Berikut adalah 17 cara memanfaatkan instagram untuk coffee shop yang secara real sudah terbukti dan dapat kamu contek untuk dapat dipraktekkan secara langsung.

Mari kita lihat 17 tips dan trik tersebut.

1. Manfaatkan Visual Untuk Mengembangkan Coffee Shop Dengan Instagram

Hampir semua orang suka kopi kalau tidak boleh bilang semua orang. Hal itu juga yang terjadi dengan Pelanggan Kamu.

Itulah sebabnya mereka memposting begitu banyak foto cangkir kopi mereka.

Apa yang dapat Kamu lakukan untuk menggunakannya untuk pemasaran?

Beri mereka alasan untuk memposting kopi yang Kamu buat.

Orang-orang selalu mencari Coffee Shop yang instagrammable.

Jadikan tempat Kamu sebagai salah satu yang instagrammable tersebut.

Coba kembangkan Coffee Shop Kamu dengan optimasi Instagram tadi (meskipun Kamu tidak memiliki profil).

Jadi cara memanfaatkan instagram untuk coffee shop yang pertama adalah desain interior dan exterior coffee shop Kamu agar lebih instagrammable.

2. Buatlah Tertarik Pelanggan Baru Yang Menemukan Kamu Di Instagram

Meskipun coffee shop Kamu dapat menjangkau calon pelanggan di Instagram, namun tidak berarti mereka akan bertahan.

Itulah mengapa penting untuk membuat profil coffee shop Kamu menarik bagi pelanggan baru:

  • Pastikan foto profil Kamu cerah dan lapang atau gunakan logo Kamu
  • Gunakan deskripsi Kamu untuk mendeskripsikan pendekatan Kamu terhadap kopi dan dapatkan respons emosional dari calon pelanggan
  • Buat konten Kamu menarik bagi orang asing
  • Tawarkan sesuatu yang ekstra (keren) di sorotan

Mereka menyatakan pendekatan mereka di bio, membuat orang asing secara otomatis merasa terhubung dengan mereka.

Coba tawarkan materi tambahan di sorotan seperti mereka seperti kartu loyalitas digital, lokasi, dan item makanan, dan isinya mempromosikan lebih dari Coffee Shop mereka.

Jadi setelah coffee shop Kamu mudah diketemukan, selanjutnya bawa mereka ke Coffee shop Kamu. Jadi  itulah selanjutnya dalam cara memanfaatkan instagram untuk coffee shop.

Pikat Mereka Dengan Kopi, Tarik Mereka Dengan Kepribadian Kamu

3. Ketahui Cara Menggunakan Hashtag – Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

Tidak cukup hanya menambahkan hashtag dan mengharapkan orang mengikuti Kamu.

Sebagian besar waktu, bahkan tidak ada yang menggulirnya.

Namun, yang dapat Kamu lakukan adalah menggunakan hashtag untuk menemukan orang baru untuk berinteraksi.

Misalnya, jika Coffee Shop Kamu ada di #CoffeeShopBandung, masuk ke hashtag dan berinteraksilah dengan orang-orang.

Sukai postingannya, komentari, dan ikuti.

Jangan Pasif! Cobalah untuk Aktif.

Instagram akan menghargai Coffee Shop Kamu dengan pertumbuhan pengikut dan visibilitas yang lebih baik jika Kamu melakukannya.

4. Gunakan Geotagging – Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

Karena kebanyakan orang tidak menggunakan tagar umum, Kamu juga tidak boleh melakukannya.

Sebagai gantinya, Kamu dapat menggunakan tagar lokal dan tag lokasi.

Jika Kamu menambahkan lokasi Kamu ke setiap postingan, orang yang mencari Coffee Shop Kamu akan menemukan Kamu karena Kamu berada di dekatnya.

Jika Kamu tidak mengatakan di mana Kamu berada, Instagram tidak dapat menampilkan kafe Kamu kepada orang-orang yang mencari tempat baru yang keren.

5. Tunjukkan Bahwa Kamu Menghargai Loyalitas Pelanggan

Jika Kamu memiliki atau menjalankan Coffee Shop, memiliki program loyalitas digital adalah suatu keharusan.

Namun, Kamu tidak hanya harus menggunakannya untuk mempertahankan dan memberi penghargaan kepada pelanggan Kamu yang sudah ada.

Kamu juga dapat menggunakan program loyalitas seperti Loyalitas Loopy untuk menunjukkan kepada pelanggan baru betapa Kamu akan menghargai mereka.

Pemasaran loyalitas pelanggan kuat karena orang berhubungan dengan orang lain.

Dan jika orang asing melihat Kamu menghargai orang yang sama seperti mereka, mereka akan cenderung mampir dan mengambil cangkir.

6. Mendorong Keterlibatan Dengan Mengadakan Kontes – Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

Meskipun Kamu mungkin menggunakan Loopy Loyalty untuk menawarkan kartu stempel digital, Kamu masih dapat memberi penghargaan kepada pengikut Kamu karena membantu Kamu meningkatkan visibilitas Instagram.

Kamu bisa menjadi sangat kreatif dengan kontes; mulai dari meminta pengikut untuk mengambil foto dan memenangkan hadiah, hingga meminta mereka menandai teman yang perlu mengajak mereka keluar untuk minum kopi.

Pastikan Kamu meminta pengikut Kamu untuk membagikan atau menandai teman mereka.

Mendorong Keterlibatan Dengan Mengadakan Kontes - Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

7. Temukan Influencer Yang Sangat Menyukai Kopi

Ada banyak influencer di luar sana, tetapi jika Kamu ingin menggunakannya untuk mengembangkan Coffee Shop Kamu dengan Instagram, temukan beberapa yang lokal.

Pertama, pastikan mereka diikuti oleh orang-orang di sekitar Kamu, lalu dekati mereka.

Memiliki visual yang bagus sangat membantu saat mereka membuat konten bersponsor, dan terkadang satu-satunya pembayaran adalah secangkir kopi nikmat di rumah.

8. Ceritakan Kisah Coffee Shop Kamu – Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

Saat orang menggulir ke bawah feed mereka, mereka akan melihat banyak kopi. Apalagi jika mereka pecinta kopi yang ingin Kamu pikat.

Sekarang, sebagian besar Coffee Shop hanya menambahkan beberapa emoji dan menyebutnya sehari.

Kamu bisa melakukan lebih baik dengan menceritakan sebuah cerita.

Kamu dapat melakukannya dengan menulis tentang:

  • Hari ini di kafe
  • Tim Kamu
  • Ide di balik kopi khusus ini
  • Asal kopi
  • Untuk siapa kopi ini paling cocok

Dan banyak lagi.

Ketahui Cara Menggunakan Hashtag - Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

9. Berinteraksi Dengan Pengikut Kamu – Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

Ya, Kamu menjalankan bisnis, tetapi di Instagram, setiap orang harus bersosialisasi untuk membuatnya.

Ada dua alasan untuk ini: menyenangkan pelanggan Kamu dan memberi makan prioritas.

Jika Kamu sering berinteraksi dengan pengikut Kamu, mereka akan melihat postingan Kamu di bagian atas feed mereka.

Dan jika Kamu terlibat dengan orang lain yang bukan pengikut Kamu (belum), konten Kamu akan muncul di halaman Jelajahi mereka.

Segera, Kamu akan memiliki lebih banyak pengikut daripada kacang di penyimpanan Kamu.

10. Pikat Mereka Dengan Kopi, Tarik Mereka Dengan Kepribadian Kamu

Hanya karena Kamu sedang menyeduh kopi, bukan berarti Instagram Kamu tidak dapat dipenuhi dengan kepribadian Kamu.

Yang benar adalah: ada kopi enak di mana-mana. Namun, sangat sedikit Coffee Shop yang memiliki kepribadian dengan keunikan yang membuat kita menyukainya.

Meme, foto lucu, pertanyaan, dan kopi lama yang enak – Coffee Shop ini adalah satu paket lengkap.

Dan meskipun kopinya enak, getaran itulah yang membuat semua orang tertarik.

Gunakan Geotagging - Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

11. Mulailah Dengan Memilih Nama Profil Yang Tepat – Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

Seperti halnya dengan situs pemasaran media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter, langkah pertama untuk menggunakan Instagram untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan adalah memilih pegangan yang tepat.

Coffee shop seperti Starbucks cukup mudah ditemukan di Instagram terutama karena pegangannya sesuai dengan nama bisnis. Misalnya, pegangan untuk Starbucks adalah @Starbucks.

Namun, jika Coffee Shop Kamu memiliki nama yang lebih panjang, Kamu akan dipaksa untuk berkreasi.

Tetap saja, Kamu perlu memilih nama yang memudahkan calon pelanggan mencari Kamu.

Jika Kamu kesulitan menemukan nama yang melengkapi nama bisnis Kamu, pertimbangkan untuk mencocokkannya dengan nama yang digunakan di situs media sosial seperti Facebook dan Twitter.

12. Tautkan Akun Instagram Kamu Ke Situs Media Sosial Terkemuka Lainnya Seperti Facebook

Tidak diketahui pengguna Instagram baru adalah bahwa pengguna di Instagram dan Facebook terhubung. Gambar yang diposting di Facebook juga dibagikan di Instagram.

Jadi, langkah Kamu selanjutnya dalam menggunakan Instagram untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan adalah menghubungkan akun Instagram Kamu ke akun Facebook.

Dengan membuat keputusan untuk melakukan penyerbukan silang, kedua platform media sosial akan memungkinkan Kamu mengakumulasi audiens Kamu.

Buatlah Tertarik Pelanggan Baru Yang Menemukan Kamu

13. Mengintip Beberapa Produk Kamu – Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

Terlepas dari sifat bisnis Kamu, pelanggan senang diberi informasi orang dalam.

Jadi berusahalah untuk mengambil gambar dari beberapa produk yang disajikan di Coffee Shop Kamu dan mempostingnya di Instagram.

Misalnya, jika Kamu merasa bahwa latte yang disajikan di Coffee Shop Kamu sedikit berbeda dari yang disajikan di Coffee Shop lain, potretlah dan posting di Instagram dan Kamu akan terkejut melihat reaksi orang terhadapnya.

Buat pengikut Instagram Kamu merasa seperti orang dalam.

14. Ajari Pelanggan Yang Sering Mengunjungi Coffee Shop Kamu Tentang Cara Membuat Berbagai Cangkir Kopi Menggunakan Foto

Instagram juga dapat digunakan sebagai alat untuk menyebarkan informasi yang berguna.

Sejumlah koki selebriti telah menggunakan Instagram di masa lalu untuk mengungkapkan kepada pengikut mereka cara membuat hidangan populer atau khas tertentu.

Karena kebanyakan orang cenderung belajar menggunakan alat bantu visual, Kamu dapat memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat cangkir kopi atau hidangan tertentu.

15. Kaitkan Beberapa Produk Kamu Dengan Selebriti

Bukan rahasia lagi bahwa para selebriti memiliki banyak pengikut di berbagai situs media sosial termasuk Instagram.

Karena itu, cobalah temukan berbagai cara untuk mengaitkan beberapa produk yang disajikan di Coffee Shop Kamu dengan selebriti, lalu lanjutkan dengan mempublikasikan gambarnya di Instagram.

Misalnya, posting foto Kamu sedang berbagi secangkir kopi dengan kue bersama musisi atau aktor populer.

Bahkan selebriti lokal di daerah Kamu bisa menjadi cara yang keren untuk mengaitkan merek Kamu dengan orang-orang keren.

16. Manfaatkan Audiens Yang Telah Kamu Bentuk – Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

Memanfaatkan audiens yang telah Kamu peroleh adalah salah satu strategi pemasaran media sosial terbaik.

Misalnya, gunakan beberapa foto Kamu di Instagram di area di mana Kamu memiliki audiens yang kuat.

Memanfaatkan gambar di Twitter serta Facebook. Jangan lupa juga untuk menyertakan gambar di website Kamu serta di email yang Kamu kirimkan ke pelanggan.

Berinteraksi Dengan Pengikut Kamu

17. Sertakan Ajakan Bertindak Dalam Deskripsi – Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop

Setiap kali Kamu memposting foto di Instagram, pastikan untuk meminta pengikut Kamu melakukan sesuatu.

Misalnya, kenali dari mereka jika mereka setuju dengan beberapa kutipan yang telah Kamu sertakan dalam sebuah posting.

Cari tahu apakah mereka ingin berada di lokasi yang pernah Kamu kunjungi. Idenya adalah untuk mendorong lebih banyak interaksi.

Ini karena semakin banyak orang menambahkan komentar ke foto yang Kamu posting di Instagram, semakin mereka belajar lebih banyak tentang merek Kamu.

Penutup Cara Memanfaatkan Instagram Untuk Coffee Shop Kamu

Jadi dari 17 cara memanfaatkan Instagram untuk coffee shop diatas yang akan coba terlebih dahulu?

MHCoffee – Konsultan & Training Coffee Shop & Cafe menyedikan training bagaimana membuat strategi marketing untuk coffee shop dalam training cara memulai bisnis coffee shop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mungkin Anda juga tertarik...

error: Alert: Content is protected !!
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.